Jumat, 30 November 2012

Modul 5 Latihan 2, buku psikologi olahraga



Nama : Herdiansyah Agus
Nim : 1103805

Modul 5 Latihan 2

I. DEFENISI KONSEP DASAR.

a)      Model arus kegembiraan
Suatu pertanda sikap positif individu terhadap pengalaman berolahraga kompetitifnya, yang mencerminkan perasaan tanggapan, ataupandangan-pandangan  seperti kesenangan, kenikmatan, atau kegembiraan yang dialami. 
b)      Self-directed
Pengarah diri atau suatu kegiatan yang diarahkan sendiri
c)      Self-determination 
Penentu diri
d)     Profil suasana keadaan hati (PKSH)
 Profil yang terdiri dari lima suasana hati yang negatif dan hanya satu yang positif
e)      Activasi 
Perbuatan yang dilakukan dengan perencanaan
f)       depresi
Dorongan yang muncul dari dalam diri individu itu sendiri
g)      Olahraga kompetitif
Yaitu olahraga yang bersifat persaingan
h)      Motivasi berprestasi
Suatu dorongan yang terjadi dalam diri individu untuk senantiasa meningkatkan kualitas  tertentu dengan sebaik-baiknya.
i)        Need theories of motivation
Teori kebutuhan tentang motivasi
j)        Equility theory
Teori kesamaan
k)      Reinforcement theory and behavior modification
Teori pembiasaan dan modifikasi perilaku
l)        Expentacy/valence theory
Teori penghargaan
m)    Need for power
Motivasi berkuasa
Kebutuhan untuk mengontrol dan mempengaruhi orang lain
n)      Need for affiliation
Motifasi berafilialisasi
Kebutuhan untuk merasakan kehangatan dalam pergaulan (hubungan sosial).
o)      Motivasi verbal
Motifasi yang dilakukan secara verbal. Dapat dilakukan dengan cara pep talk, diskusi, dan individual talk.
p)      Motivasi behavioral
Motivasi yang dilakukan dengan perilaku sehai-hari yang mencerminkan sportfitas dan dedikasi yang tinggi.
q)      Motivasi insentif
Motivasi yang dilaukan dengan memberikan insentif atau hadiah.
r)       supertisi
suatu kepercayaan kepada sesuatu yang merupakan simbol yang dianggap mempunya kekuatan atau daya dorong mental.
s)       Khayalan mental
Mental image
Khayalan-khayalan mental tentang suatu gerakan, keterampilan, atau apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu.



II. APLIKASI KONSEP

a)      Arti formula P = f (m.k.p)

P = penampilan atau perilaku yang ditampilkan
f = fungsi
m = motivasi
k = kemampuan
p = persepsi
(P) penampilan (performance) merupakan hasil (f) interaksi atau hubungan atau fungsi dari (m) motivasi, (k) kemampuan, dan (p) persepsi pada diri seseorang.


b)      Model arus kegembiraan


















c)      Model skala suasana hati















d)     Ciri-ciri atau perilaku siswa/atlet  yang memiliki motivasi tinggi

Bersemangat ketika unggul
Menentukan tujuan secara realistik dan mengambil resiko yang diperhitungkan
Memilih tugas yang menantang
Menghendaki umpan balik yang konkrit
Menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat
Memiliki jiwa kompetisi yang tinggi
Tidak mau kalah
Mengalokasikan waktu yang laa untuk melakkan tugas


III. TES FORMATIF.

1) a            6) a                                                                                         
2) b            7) d                                                                            
3) a            8) d                                         
4) c            9) a                             
5) a            10) b