Nama
: Herdiansyah Agus
Nim
: 1103805
Modul 5 Latihan
2
I. DEFENISI KONSEP
DASAR.
a)
Model arus kegembiraan
Suatu
pertanda sikap positif individu terhadap pengalaman berolahraga kompetitifnya,
yang mencerminkan perasaan tanggapan, ataupandangan-pandangan seperti kesenangan, kenikmatan, atau
kegembiraan yang dialami.
b)
Self-directed
Pengarah diri atau suatu kegiatan yang diarahkan
sendiri
c)
Self-determination
Penentu diri
d)
Profil suasana keadaan hati (PKSH)
Profil yang terdiri
dari lima suasana hati yang negatif dan hanya satu yang positif
e)
Activasi
Perbuatan yang dilakukan dengan perencanaan
f)
depresi
Dorongan yang muncul dari dalam diri
individu itu sendiri
g)
Olahraga kompetitif
Yaitu olahraga yang bersifat persaingan
h)
Motivasi berprestasi
Suatu dorongan yang terjadi dalam diri individu untuk
senantiasa meningkatkan kualitas
tertentu dengan sebaik-baiknya.
i)
Need theories of motivation
Teori kebutuhan tentang motivasi
j)
Equility theory
Teori kesamaan
k)
Reinforcement theory and behavior modification
Teori pembiasaan dan modifikasi perilaku
l)
Expentacy/valence theory
Teori penghargaan
m)
Need for power
Motivasi berkuasa
Kebutuhan untuk mengontrol dan mempengaruhi orang lain
n)
Need for affiliation
Motifasi berafilialisasi
Kebutuhan untuk merasakan kehangatan dalam pergaulan (hubungan
sosial).
o)
Motivasi verbal
Motifasi yang dilakukan secara verbal. Dapat dilakukan
dengan cara pep talk, diskusi, dan individual talk.
p)
Motivasi behavioral
Motivasi yang dilakukan dengan perilaku sehai-hari yang
mencerminkan sportfitas dan dedikasi yang tinggi.
q)
Motivasi insentif
Motivasi yang dilaukan dengan memberikan insentif atau
hadiah.
r)
supertisi
suatu kepercayaan kepada sesuatu yang merupakan simbol yang
dianggap mempunya kekuatan atau daya dorong mental.
s)
Khayalan mental
Mental image
Khayalan-khayalan mental tentang suatu gerakan,
keterampilan, atau apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu.
II. APLIKASI KONSEP
a)
Arti formula P = f (m.k.p)
P = penampilan
atau perilaku yang ditampilkan
f = fungsi
m = motivasi
k = kemampuan
p = persepsi
(P) penampilan
(performance) merupakan hasil (f) interaksi atau hubungan atau fungsi dari (m)
motivasi, (k) kemampuan, dan (p) persepsi pada diri seseorang.
b)
Model arus kegembiraan
c)
Model skala suasana hati
d) Ciri-ciri
atau perilaku siswa/atlet yang memiliki
motivasi tinggi
Bersemangat
ketika unggul
Menentukan
tujuan secara realistik dan mengambil resiko yang diperhitungkan
Memilih tugas
yang menantang
Menghendaki
umpan balik yang konkrit
Menyelesaikan
tugas dengan cepat dan tepat
Memiliki jiwa
kompetisi yang tinggi
Tidak mau
kalah
Mengalokasikan
waktu yang laa untuk melakkan tugas
III. TES FORMATIF.
2)
b 7) d
3)
a 8) d
4)
c 9) a
5)
a 10) b