1. Perkembangan
(development)
Perkembangan
bersifat kualitatif. Yang mana hasilnya dilihat dari sisi kualitas. Pada
manusia lebih kepada mental.
Ciri-ciri
perkembangan manusia :
- Progresif atau maju, meningkat, mendalam, meluas
(tidak kembali ke yang sebelumnya atau mundur)
-
Sistematik (interdepedensi sebagai kesatuan
integral)
-
Berkesinambungan (beraturan dan berurutan)
2. Pertumbuhan
(grouth)
Pertumbuhan
bersifat kuantitatif. Yang mana dilihat dari kuantitas yang dapat dihitung.
Pada manusia lebih kepada fisik.
3. Kematangan
(maturity)
Titik kombinasi
antara perkembangan (mental) dengan pertumbuhan (fisik) yang melahirkan suatu
kebisaan atau keterampilan.
Contohnya
keterampilan berjalan pada balita.
Balita bisa
berjalan apabila pertumbuhan fisiknya telah siap dan perkembangan mentalnya
juga telah siap. Maka akan terjadi kematangan untuk berjalan.
4. Belajar
(learning)
Behavior change
atau proses perubahan tingkah laku.
Secara
sekilas memang sulit untuk membedakan antara belajar dengan perkembangan
pertumbuhan kematangan. Karena memang ketiga (perkembangan, pertumbuhan, dan
kematangan) dan belajar saling isi dan berkaitan. Tapi ada beberapa hasil
belajar yang tidak dipengaruhi oleh perkembangan pertumbuhan dan kematangan.
Contohnya orang dewasa yang belajar naik sepeda atau belajar naik motor. Maka
di sana terjadi belajar tanpa pengaruh dari pertumbuhan.
Secara
ringkas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah usaha intensional atau dengan
sengaja oleh seorang individu. Sedangkan perkembangan pertumbuhan kematangan
adalah peristiwa alami yang dialami individu seiring berjalannya waktu.
Kuliah perkembangan peserta didik bersama bapak Rusli Ibrahim
PKO FPOK UPI Bandung
Kuliah perkembangan peserta didik bersama bapak Rusli Ibrahim
PKO FPOK UPI Bandung