selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Senin, 05 November 2012

Modul 4 Latihan 1, buku psikologi olahraga



Nama : Herdiansyah Agus
Nim : 1103805
Modul 4 Latihan 1

I. DEFENISI KONSEP DASAR.
a)      Mental hygiene
Ilmu kesehatan mental. Usaha-usaha yang dilakukan agar tercapai mental yang sehat
b)      Mental health
Sehat mental yang mana terhindar dari gangguan dan penyakit mental
Suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual, dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu selaras dengan perkembangan orang lain
c)      Psiycho-hygien
Konsep yang sifatnya menyeluruh tentang kesehatan psiko-somatis (kesehata jiwa tidak dapat dipisahkan dari kesehatan jasmani)
d)      Psiko-somatis
kesehata jiwa tidak dapat dipisahkan dari kesehatan jasmani
e)      Fungsi preventif
Pencegahan. Mencegah terjadinya kesulitan atau gangguan mental dan  penyesuaian diri
f)        Fungsi preservatif
Pemeliharaan
g)      Fungsi developmental
Pengembangan. Mengembangkan mental yang sehat sehingga mampu menghindari kesuliitan-kesulitan psikolois yang mungkin dialaminya
h)      Fungsi improvement
Peningkatan
i)        Mental illness
Mental yang sakit
j)        Fungsi profilaktik
Upaya yang ditujukan untuk mencegah atau untuk mempertinggi kualitas kesehatan
k)      Fungsi melioratif
Upaya perbaikan atau penyembuhan, dan pengembangan
l)        Well adjusted person
Penyesuaian diri yang tergolong normal
m)    Maladjusted person
Penyesuaian diri yang tergolong menyimpang

II. APLIKASI KONSEP
a)      Identifikasi gejala-gejala gangguan mental yang ada pada diri atlet dan analisis latar belakang penyebab dan penanggulangannya
Contohnya ada salah satu atlet yang selalu takut ketika mengahdapi lawan yang melakukan shooting (dalam sepak bola) atau hanya dengan gerakan menipu (dalam bentuk shooting).
Setelah dianalisa ternyata siswa tersebut memiliki pengalam buruk dengan bola yang melesat cepat. Dalam teori psikodinamik yang sasaran utamanya adalah alam ketidaksadaran manusia. Ternyata pengalaman buruk siswa tersebut telah terekam di dalam alam bawah sadarnya. Sehingga apapun bentuk bola yang melesat dengan cepat ia akan menjadi takut.
Cara menanggulanginya salah satunya adalah dengan memberikan pemahaman secara perlahan kepada atlet tersebut bahwa dalam alam bawah sadarnya terdapat sisi traumatik dengan bola yang melesat cepat. Dan di arahkan untuk melatih dirinya sendiri untuk menghilangkan sisi traumatik tersebut dari alam bawah sadarnya dengan membiasakan diri melihat, menerima, dan melawan bola yang melesat cepat.
Dan tentu saja cara penangulangan di atas harus dilakukan secara perlahan. Karena berhubungan dengan alam bawah sadar manusia yang cenderung sangat susah untuk dikendalikan.

b)      Perbandingan antara fungsi profilaktik dan melioratif (dunia kedokteran) dengan fungsi preservatif, preventif, development, kuratif, dan improvement
Dalam dunia kedokteran peranan kesehatan mental hanya dikategorikan kedalam dua bagian. Yaitu profilaktik dan melioratif. Yang mana profilaktik adala upaya yang ditujukan untuk mencegah atau untuk mempertinggi kualitas kesehatan. Sedangkan melioratif adalah upaya perbaikan atau penyembuhan, dan pengembangan.
Sedangakan yang bukan dalam dunia kedokteran, peranan kesehatan mental lebih rinci dalam pengkategoriannya. Yaitu fungsi preventif atau pencegahan. Yang mana upaya mencegah terjadinya kesulitan atau gangguan mental dan  penyesuaian diri. Fungsi preservatif atau pemeliharaan. Fungsi developmental atau pengembangan. Yang mana upaya untuk mengembangkan mental yang sehat sehingga mampu menghindari kesuliitan-kesulitan psikolois yang mungkin dialaminya. Fungsi improvement atau peningkatan.

c)      Beberapa upaya mental hygiene yang dilakukan guru penjas dan pelatih serta alasannya
Salah satunya memberikan kepercayaan kepada salah satu murid untuk memimpin pemanasan untuk melatih rasa percaya diri dan kepemimpinan pada diri siswa tersebut

d)      Penjelasan secara skematik hubungan antara praktik kesehatan fisik dan praktik kesehatan mental









III. TES FORMATIF.
1) b            6) b                                                                                         
2) a            7) d                                                                            
3) a            8) a                                         
4) d            9) a                             
5) c            10)