selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Jumat, 09 November 2012

Modul 5 Latihan 1, buku psikologi olahraga



Nama : Herdiansyah Agus
Nim : 1103805
Modul 5 Latihan 1

I. DEFENISI KONSEP DASAR.
a)      Sikap (attitude)
Kesiapan mental untuk berbuat  
b)      Motif
Daya penggerak dari dalam diri untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai tujuan.
c)      Motivasi  
Kondisi internal atau disposisi (kesiap-siagaan)
d)      Teori tentang perbuatan/ tindakan yang beralasan (TTB)
Sikap dan norma-norma sosial mempengaruhi tujuan.
Perbuatan yang dilakukan dengan alasan-alasan tertentu.
e)      Teori tentang perilaku terencana (TPT)
Perbuatan yang dilakukan dengan perencanaan
f)        Motivasi intrinsik
Dorongan yang muncul dari dalam diri individu itu sendiri
g)      Motivasi ekstrinsik
Doronganyang muncul karena pengaruh dari luar.
h)      Motif kompetensi

i)        Motif otonomi
Kebebasan dalam memilih tindakan secara mandiri
j)        Rasa percaya diri

k)      Rasa kemanjuran diri

l)        Kontrol pribadi

m)    Dorongan atau pengaturan terpaksa
Kegiatan yang dilakukan dengan terpaksa untuk menghindari rasa bersalah atau malu yang bersifat negatif.
n)      Motivasi/pengaturan eksternal
Kegiatan yang dilakukan dengan mengahrapkan penghargaan atau menghindari hukuman
o)      Dorongan atau pengaturan yang disadari
Hasrat pribadi yang mendorong perilaku
p)      Dorongan atau pengaturan secara internal
Perilaku bermotiasi secara intrinsik atau perilaku yang didorong oleh diri sendiri.
q)      Esteem need
status, jabatan, posisi, dll.
r)       Self-actualization needs
Realisasi potensi, prestasi, kepuasan diri, dll.
s)       Physiological needs
Maka, minum, istirahat, sehat, seksual, dll.
II. APLIKASI KONSEP
a)      Empat kategori kegiatan jasmani













b)      Cara untuk menggerakkan siswa ke jenjang berikutnya dengan mempelajari terlebih dahulu apa yang menjadi pendorong atlet tersebut berada pada jenjang tersebut. Kemudian memberikan motivasi agar faktor pendong tersebut lebih kuat.
Mempertahankan anak pada jenjang tersebut tentu dengan memelihara faktor pendorong yang memotivasi dia untuk melakukan perilaku tersebut.

c)       









d)      Yang pertama dilakukan tentu mengidentifikasikan geja;la-gejala yang tampak pada atlet tersebut kemudian mempelajari dan memahami latar belakang sikap negatif dan motif intrinsik yang rendah  dari gejala-gejala yang telah diamati tadi. Terakhir tenti melakukan langkah-langkah pembinaan yang sesuai denganlatar belakang yang telah dipahami agar motivasi intrinsik atlet tersebut dapat meningkat.

III. TES FORMATIF.

1) d            6) d                                                                                         
2) c            7) c                                                                            
3) c            8) c                                         
4) b            9)                                
5) d            10)