selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Rabu, 28 Maret 2012

Nilai-nilai yang Terkandung dalam Olahraga Sepak Bola


Nama   : Herdiansyah Agus
NIM     : 1103805

Nilai-nilai yang Terkandung dalam Olahraga Sepak Bola

1.      Nilai sosial : a. komunikasi, b. kekompakan,
2.      Nilai religi
3.      Nilai Kedisiplinan

1.      Nilai sosial
a.      Nilai komunikasi
Didalam sepak bola kita pastinya mengenal yang namanya nilai komunikasi dalam olahraga sepak bola. Tidak hanya dalam praktek olahraga saja kita menemukan nilai komunikasi ini, tapi d dalam latihan sehari hari nilai komunikasi ini juga dipraktekkan. Bahkan dilakukan latihan khusus untuk mempelajari komunikasi yang baik antar pemain di dalam lapangan. Komunikasi ini tidak hanya mencakup komunikai lisan, tapi juga komunikasi dengan menggunakan anggota tubuh. Untuk itu dibutuhkan latihan khusus untuk mempelajri komunikasi ini. Seperti latihan passing bola dengan menyebutkan nama masing-masing, membuka telapak  tangan sebagai tanda meminta bola, menunjuk ke arah mana bola yang di ianginkan dan banyak lagi.
b.      Nilai kekompakan
Kekompakan dalam sepak bola sangat di butuhkan sekali. Dimana kekompakan bisa menentukan kemenangan suatu tim. Karna pentingnya kekompakan dalam sepak bola maka  nilai ini juga di jadikan bahan latihan sehari-hari. Dimana lvtihan ini menuntut kebersamaan antar setiap pemain. Seperti dilakukannya jogging bersama, membersihkan lapangan bersama, dan banyak lagi kegiatan dilakukan secara bersama-sama, baik dalam bentuk latihan maupun di luar latihan. Untuk membentuk rasa kebersamaan dan rasa seperjuangan.
2.      Nili religi
Nilai religi dapat  dilihat dalam praktek sehari-hari pesepak bola. Baik dalam latihan, maupun ketika bertanding. Baik secara tim mupun individu. Dalam latihan dapat dilihat bhw setiap akan memulai dan mengakhiri latihan selalu dilakukan berdoa bersama. Begitu juga saat bertanding. Baik secara bersama maupun individu. Tidvk sedikit kita lihat pemain yang berdoa sendiri saat  baru memasuki lapangan.
3.      Nilai kedisiplinan
Tentu saja nilai kedisiplinan sangat penting dan erat hubungnnya dengan sepak bola. Baik dalam latihan maupun dalam pertandingan. Dilihat prakteknya dalam latihan, mislny kedisiplinan waktu : bila ada pemain yang terlambat maka akan diberikan sangsi. Tentu saja sangsi yang mendidik. Begitu juga dalam permainan, wasit akan memberikan kartu pada pemain yang tidak disiplin. Baik waktu maupun dalam tata tertib permainan.

Tugas Landasan Pendidikan
PKO NFPOK Bandung