selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Minggu, 26 Agustus 2012

Pancasila sebagai ideologi terbuka




Pancasila sebagai ideologi terbuka maksudnya adalah pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman tanpa mengubah nilai dasarnya (kelima sila).
Maksudnya pancasila memiliki nilai dasar dan nilai operasional. Nilai dasar pancasila adalah  kelima sila. Yang mana nilai dasar ini tidak dapat berubah. Namun pancasila memiliki nilai-nilai operasional yang mana dapat berubah sesuai dengan kebutuhan bangsa dan Negara.
Nilai-nilai operasioanl inilah yang membuat pancasila menjadi ideologi yang terbuka. Yang mana pancasila merupakan ideologi yang dapat menyesuaikan diri dengan zaman, luwes, dan fleksibel. Nilai-nilai pancasila dapat dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman, dinamika kehidupan bangsa, dan tuntutan kebutuhan masyarakat. Yang dikembangkan dalam ideologi pancasila yang terbuka adalah nilai-nilai operasinalnya. Dan tidak dapat merubah nila-nilai dasarnya (kelima sila).
 
Beberapa alasan dibentuknya pancasila sebagai ideologi terbuka adalah :
-          Dinamika masyarakat yang berkembang begitu cepat
-          Bangkrutnya beberpa ideologi tetutup (marksisme, leninisme, komunisme)
-          Tekad menjadikan pancasila sebagai satu-satunya asas Negara Indonesia

Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah Pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembagan jaman tanpa pengubahan nilai pada dasarnya bukan berarti bahwa nilai dasar Pancasila dapat diubah dengan nilai dasar yang lain yang sama artinya dengan meniadakan Pancasila atau meniadakan identitas/jati diri bangsa Indonesia (AL Marsudi, 2000:62).


Kuliah pendidikan kewarganegaraan bersama bapak Ganjar 
PKO FPOK UPI Bandung