Nama
: Herdiansyah Agus
Nim
: 1103805
Modul 4 Latihan
1
I. DEFENISI KONSEP
DASAR.
a)
Mental hygiene
Ilmu
kesehatan mental. Usaha-usaha yang dilakukan agar tercapai mental yang sehat
b)
Mental health
Sehat mental yang mana terhindar dari gangguan dan
penyakit mental
Suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik,
intelektual, dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu
selaras dengan perkembangan orang lain
c)
Psiycho-hygien
Konsep yang sifatnya menyeluruh tentang kesehatan
psiko-somatis (kesehata jiwa tidak dapat dipisahkan dari kesehatan jasmani)
d)
Psiko-somatis
kesehata jiwa tidak dapat dipisahkan dari kesehatan jasmani
e)
Fungsi preventif
Pencegahan. Mencegah terjadinya kesulitan atau
gangguan mental dan penyesuaian diri
f)
Fungsi preservatif
Pemeliharaan
g)
Fungsi developmental
Pengembangan. Mengembangkan mental yang sehat sehingga
mampu menghindari kesuliitan-kesulitan psikolois yang mungkin dialaminya
h)
Fungsi improvement
Peningkatan
i)
Mental illness
Mental yang sakit
j)
Fungsi profilaktik
Upaya yang ditujukan untuk mencegah atau untuk mempertinggi
kualitas kesehatan
k)
Fungsi melioratif
Upaya perbaikan atau penyembuhan, dan pengembangan
l)
Well adjusted person
Penyesuaian diri yang tergolong normal
m)
Maladjusted person
Penyesuaian diri yang tergolong menyimpang
II. APLIKASI KONSEP
a)
Identifikasi gejala-gejala gangguan mental yang ada
pada diri atlet dan analisis latar belakang penyebab dan penanggulangannya
Contohnya ada
salah satu atlet yang selalu takut ketika mengahdapi lawan yang melakukan
shooting (dalam sepak bola) atau hanya dengan gerakan menipu (dalam bentuk
shooting).
Setelah
dianalisa ternyata siswa tersebut memiliki pengalam buruk dengan bola yang
melesat cepat. Dalam teori psikodinamik yang sasaran utamanya adalah alam
ketidaksadaran manusia. Ternyata pengalaman buruk siswa tersebut telah terekam
di dalam alam bawah sadarnya. Sehingga apapun bentuk bola yang melesat dengan
cepat ia akan menjadi takut.
Cara
menanggulanginya salah satunya adalah dengan memberikan pemahaman secara
perlahan kepada atlet tersebut bahwa dalam alam bawah sadarnya terdapat sisi
traumatik dengan bola yang melesat cepat. Dan di arahkan untuk melatih dirinya
sendiri untuk menghilangkan sisi traumatik tersebut dari alam bawah sadarnya
dengan membiasakan diri melihat, menerima, dan melawan bola yang melesat cepat.
Dan tentu saja
cara penangulangan di atas harus dilakukan secara perlahan. Karena berhubungan
dengan alam bawah sadar manusia yang cenderung sangat susah untuk dikendalikan.
b)
Perbandingan antara fungsi profilaktik dan melioratif
(dunia kedokteran) dengan fungsi preservatif, preventif, development, kuratif,
dan improvement
Dalam dunia kedokteran peranan kesehatan mental hanya
dikategorikan kedalam dua bagian. Yaitu profilaktik dan melioratif. Yang mana profilaktik
adala upaya yang ditujukan untuk mencegah atau untuk mempertinggi kualitas
kesehatan. Sedangkan melioratif adalah upaya perbaikan atau penyembuhan, dan
pengembangan.
Sedangakan yang bukan dalam dunia kedokteran, peranan
kesehatan mental lebih rinci dalam pengkategoriannya. Yaitu fungsi preventif
atau pencegahan. Yang mana upaya mencegah terjadinya kesulitan atau gangguan
mental dan penyesuaian diri. Fungsi
preservatif atau pemeliharaan. Fungsi developmental atau pengembangan. Yang mana
upaya untuk mengembangkan mental yang sehat sehingga mampu menghindari
kesuliitan-kesulitan psikolois yang mungkin dialaminya. Fungsi improvement atau
peningkatan.
c)
Beberapa upaya mental hygiene yang dilakukan guru
penjas dan pelatih serta alasannya
Salah satunya
memberikan kepercayaan kepada salah satu murid untuk memimpin pemanasan untuk
melatih rasa percaya diri dan kepemimpinan pada diri siswa tersebut
d)
Penjelasan secara skematik hubungan antara praktik
kesehatan fisik dan praktik kesehatan mental
III. TES FORMATIF.
2)
a 7) d
3)
a 8) a
4)
d 9) a
5)
c 10)