selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Jumat, 20 Juli 2012

Artikel Kesehatan Olahraga



Nama : Herdiansyah Agus
Nim : 1103805

Artikel Kesehatan Olahraga
           
Bila membicarakan kesehatan olahraga maka akan ada dua aspek yang dibahas. Pertama aspek kesehatan. Dan yang kedua aspek olahraga. Kemudian tentu saja hubungan antara kesehatan dan olahraga.
Kesehatan adalah keadaan tubuh atau jasmani yang semestinya. Sedangkan olahraga adalah pergerakan (movement) tubuh. Dimana olahraga dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya : olahraga kesehatan, olahraga rekreasi, dan olahraga prestasi. Olahraga kesehatan tentu menitikberatkan gerakan tubuh yang menyehatkan. Atau bisa dikatakan tujuan dari olah raga ini adalah untuk mendapatkan kesehatan tubuh. Olahraga rekreasi adalah olahraga yang gerakannya menyenangkan. Atau bisa dikatakan olahraga ini dapat menimbulkan perasaan yang menyennangkan atau membuat kebahagiaan. Sedangkan olahraga prestasi tentu menitikberatkan pada memperoleh prestasi setinggi-tingginya. Bahkan olahraga prestasi cenderung untuk memaksa tubuh untuk melakukan gerakan semaksimal mungkin. Dan olahraga prestasi juga cenderung mengarah pada cabang-cabang tertentu. Dalam pokok bahasan kesehatan tentu kita akan meninjau dari segi olahraga kesehatan.
Olahraga memberikan dampak dampak positif untuk kesehatan manusia. Diantaranya :
·         Membentuk tubuh yang ideal
·         Melancarkan persendian
·         Menguatkan otot-otot
·         Meningkatkan daya serap O2 pada paru-paru
·         Memperkuat jantung
·         Melancarkan peredaran darah
·         Meningkatkan respon saraf
·         Menyegarkan otak
·         Dan masih banyak lagi.
Dari beberapa contoh di atas terlihat dampak dampak positif yang diberikan olahraga untuk kesehatan manusia. Untuk itu perlulah kiranya manusia untuk mengolahragakan diri masing masing untuk mendapatkan kesehatan.
            Ditinjau dari anatomi manusia olahraga juga sangat dibutuhkan. Karna terlihat dari anatomi manusia yang memungkinkan manusia untuk melakukan gerak yang sangat bebas. Diantara buktinya :
·         Manusia memiliki sendi yang banyak dan terletak di area yang tepat untuk bergerak
·         Sendi memberika keleluasaan bergerak bagi tubuh
·         Otot manusia membentuk jasmani yang sangat baik untuk digerakkan
·         Struktur rangka manusia yang sesuai untuk bergerak
·         Saraf saraf yang tepat untuk merespon gerak
Dari bebrapa bukti diatas terlihat dari sudut pandang anatomi terlihat manusia sangat membutuhkan olahrag. Karna dari struktur jasmani bahkan manusia membutuhkan gerkana untuk memenuhi anatomi tubuh mereka sendiri.
            Untuk menjaga kesehatan juga terdapat banyak acuan, diantaranya :
·         Olahraga
·         Pola makan
·         Pola minum
·         Pola tidur
·         Psikologis (emosi)
·         Pikiran (stres)
·         Lingkungan (kebersihan)
Untuk pola makan diantaranya dianjurkan untuk makan makanan dari buah buahan dan sayuran. Kemudian menjaga waktu makan. Pola minum harus teratur. Jangan makan sambil minum. Kemudian minum air yangcukup setiap harinya. Pola tidur harus teratur. Dan tidur cukuup serta berkualitas. Untuk psikologis dan pikiran hindari marah dan stress. Untuk lingkungan agar menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.