selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Selasa, 24 Desember 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENGENALAN AIR (AQUATIK) 2013





DIDAKTIK METODIK AQUATIK

PENGENALAN AIR
Disusun Oleh :

Mila Nurkamila                              1005881
Anita Kusumadewi                          1004546
Retly Chintia A                               1000197
Neni Nuraeni                                   100324
Dede Syamsul M                            1103255
Andri Kusumawardana                   1104236
Herdiansyah Agus                          1103805
Imam Nurjaman                             1101876
Yoga prasetyo                                 1104932

  
JURUSAN PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA
FAKULTAS PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2013
 





                                                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan                                :  S M A N 1 Bandung
Kelas/Semester                     :  X / 2 (Genap )
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 
Tema/Topik                             : Pengenalan Air
Pertemuan ke                         : 1 (satu)             
Waktu                                        :  2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A. Kompetensi Inti :            
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar :               
1.1   Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga.
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.3  Memahami pengetahuan modifikasi pengenalan air.
4.1  Mempraktikkan modifikasi pengenalan air.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran .
2. Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
4. Melakukan teknik dasar pengenalan air .
5. Menjelaskan teknik dasar pengenalan air.

D.   Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.          Melafalkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.          Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3.        Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.          Melakukan melakukan teknik balance dengan benar.
5.          Melakukan teknik breathing dengan benar .
6.          Melakukan teknik submerge dengan benar .
7.          Melakukan koordinasi teknik balance, breathing, submerge dengan

E.   Materi Pembelajaran :
  1. Pengenalan Air
                    Pengenalan air adalah teknik dasar dalam berenang supaya siswa tidak takut dan mamp beradaptasi sehingga siswa mampu melakukan pembelajaran teknik/materi selanjutnya
1)      Balance
Berjalan dipinggir kolam dengan berpegangan pada dinding kolaM
2)      Breathing
Mengambil nafas di udara dan membuangnya di dalam air dengan hidung/mulut
3)      Submerge
Mencelupkan wajah ke dalam air
4)      Koordinasi teknik balance, breathing dan submerge

F.    Metode Pembelajaran.
1.       Pendekatan: saintifik (scientific)
  1. Metode: penugasan.




G.  Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain)

15 menit
Inti
·         Pemanasan dengan pendekatan permainan ular-ularan, jala ikan, dan tangkap bola.
·         Guru mendemonstrasikan teknik balance, breathing, dan submerge
·         Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh guru
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di demontrasikan oleh guru yaitu teknik dasar permainan air dalam berenang seperti balance, breathing dan submerge.

55menit


·         Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
·         Guru mengatur siswa menjadi 4 kelompok
·         Guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap kelompok.
·         Siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
·         Siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali melakukan teknik dasar permainan air dalam renang
·         Siswa melaksanakan tugas gerak, dan menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.

Penutup
·         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·         Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran

20 Menit


H.  Sumber Belajar
-          Kolam renang
-          Stopwatch
-          Peluit
-          Papan peluncur/pelampung
-          Buku referensi pendidikan jasmani  dan olahraga kelas X

F.  Penilaian
        1.    Teknik penilaian:
-       Tes unjuk kerja (keterampilan): 
Lakukan Perkenalan Air
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4


                            Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                            Jumlah skor maksimal


-       Pengamatan sikap (sikap): 
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu mentaati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan menuunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek
 ( √ ) memdapat nilai 1
                                                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                                            Jumlah skor maksimal


                           
-       Kuis/embedded test (pengetahuan):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik pengenalana air (balance breathing submerge)
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                                                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                                            Jumlah skor maksimal

-       Text Box: Nilai tes unjuk kerja (keterampilan) + nilai observasi (sikap) + nilai kuis (pengetahuan)  =
Nilai maksimal ( 16+5+8 )
Nilai akhir yang diperoleh siswa =
               
                               

2.            Rubrik Penilaian
     RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
    Melakukan Teknik Dasar Dalam Air ( Pengenalan air)
Kesesuaian anak  pada saat melakukan aktivitas dalam kolam renang :
1.       balance
2.       breathing
3.       submerge




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12







RUBRIK PENILAIAN
SIKAP/PERILAKU DALAM PENGENALAN AIR

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Menunjukkan sikap disiplin dalam pembelajaran

2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)

3.  Mentaati peraturan guru

4.  Memperlihatkan sikap sportif

5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5



RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PENGENALAN AIR

Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4

1.  Bagaimana posisi badan ketika melakukan teknik balance dalam air
2.  Bagaimana posisi kepala ketika melakukan teknik breathing dalam air
3.  Bagaimana posisi wajah ketika  melakukan teknik submerge di dalam air






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12



       MENGETAHUI,                                                                           GURU MATA PELAJARAN
    KEPALA SEKOLAH                                                                                                                            


............................................                                                     ...............................................