Nama
: Herdiansyah Agus
Nim
: 1103805
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
ATLETIK (LARI GAWANG)
Nama
Sekolah : SMA N 13 Bandung
Mata
pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas
/ Semester : XI / 1
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi
:
1. Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetemsi dasar
:
1.1 Mempraktekkan
gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat, percaya diri, dan disiplin
Indikator :
Kognitif
1.1.1
Menjelaskan gerak dasar bertolak (take
off) pada lari gawang
dengan
benar
1.1.2
Menjelaskan gerak dasar melewati gawang
pada lari gawang
dengan
benar
1.1.3
Menjelaskan gerak dasar mendarat pada
lari gawang dengan benar
Afektif
1.2.1
Menunjukkan sikap semangat dalam
pembelajaran
1.2.2
Menunjukkan sikap percaya diri dalam
pembelajaran
1.2.3
Menunjukkan sikap disiplin dalam
pembelajaran
Psikomotor
1.3.1
Melakukan gerak dasar bertolak (take
off) pada lari gawang
dengan benar
1.3.2
Melakukan gerak dasar melewati gawang
pada lari gawang dengan
Benar
1.3.3
Melakukan gerak dasar mendarat pada lari
gawang dengan benar
Tujuan pembelajaran
:
Kognitif
1.4.1
Siswa dapat menjelaskan gerak dasar
bertolak (take off) pada lari
gawang dengan benar
1.4.2 Siswa dapat menjelaskan gerak dasar
melewati gawang pada lari
gawang cepat dengan benar
1.4.3
Siswa dapat menjelaskan gerak dasar
mendarat pada lari gawang
dengan benar
afektif
1.5.1
Siswa dapat menunjukkan sikap semangat
dalam pembelajaran
1.5.2
Siswa dapat menunjukkan sikap percaya
diri dalam pembelajaran
1.5.3
Siswa dapat menunjukkan sikap disiplin
dalam pembelajaran
psikomotor
1.6.1
Siswa dapat melakukan gerak dasar bertolak
(take off) pada lari
gawang dengan benar
1.6.2
Siswa dapat melakukan gerak dasar
mendarat pada lari gawang
dengan benar
1.6.3
Siswa dapat melakukan gerak dasar
mendarat pada lari gawang
dengan benar
materi pembelajaran
:
atletik
(lari gawang)
metode pembelajaran
:
1. model
/ pendekatan : pendekatan teknis
2. strategi : game - drill
3. metode
: bagian dan keseluruhan
langkah-langkah
pembelajaran :
no
|
kegiatan
|
uraian
|
alokasi waktu
|
1
|
pendahuluan
|
Berbaris,
berdoa, presensi, apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran
Peregangan
statis aktif
Peregangan
dinamis
Game
pemanasan
|
10
menit
2
menit
3
menit
5
menit
|
2
|
inti
|
Game
lomptan dan lempar bola
Belajar
(menjelaskan, mencontohkan, dan siswa melakukan) gerak dasar irama tiga
langkah
Belajar
gerak dasar bertolak
Belajar
gerak dasar melewati gawang
Belajar
gerak dasar mendarat
Belajar
koordinasi irama tiga langkah dan melewat gawang
Game
estafet kardus
|
10
menit
10
menit
8
menit
8
menit
8
menit
10
menit
5
menit
|
3
|
penutup
|
Penenangan
Meringkas
materi, Tanya jawab, presensi
|
5
menit
5
menit
|
1. pendahuluan
-
berbaris
-
berdoa
-
presensi
-
apersepsi
-
menjelaskan tujuan pembelajaran
-
warming-up
·
peregangan statis aktif
·
peregangan dinamis
·
game pemanasan
Keterangan gambar :
·
siswa
·
Kones
·
Arah siswa berlari
Keterangan kegiatan :
1. siswa
berbaris di belakang garis antara kedua kones
2. Aktifitas
dimulai dengan seluruh siswa berlari (intensitas/kecepatan pelan sampai sedang)
beriringan
3. siswa
harus berkonsentrasi menerima signal/tanda dari guru
4. Signal
– signal (tanda) yang akan diperlihatkan oleh guru :
-
“kartu warna merah” yang artinya siswa
harus berpegangan tangan dua orang (dengan tetap berlari sesuai arah)
-
“kartu warna kuning” yang artinya siswa
harus berpegangan tangan tiga orang
-
“kartu warna hijau” yang artinya siwa
harus berpegangan tangan empat orang
5. Peluit
dua kali menandakan aktifitas berpegangan tangan usai dan menunggu signal dari
guru yang selanjutnya
6. guru
terus mengkombinasikan signal sampai waktu yang diinginkan dengan mencatat atau
menandai atlet yang melakukan kesalahan (tidak berpegangan tangan sesuai
signal) dengan menyebukan namanya. Contoh : “andi satu kesalahan”
7. Setelah
aktifitas dihentikan, siswa yang melakukan kesalahan diberikan hukuman yang
sesuai dan mendidik
*setiap aktivitas dilakukan dengan tetap berlari
(intensitas/kecepatan pelan sampai sedang)
2. inti pembelajaran
-
game
lompat dan lempar bola
Keterangan gambar :
·
siswa
·
Kones
·
Gawang (benda yang akan menjadi sasaran
mendapatkan skor)
·
Garis batas permainan
·
Kardus (sebagai rintangan yang
harus dilompati)
Keterangan kegiatan :
1. Siswa
dibagi menjadi dua kelompok sama banyak (bila jumlah siswa banyak, maka
lapangan permainan dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan jumlah siswa)
2. Permainan
dimulai dengan guru memberika sebuah bola ke salah satu regu
3.
Regu
yang menguasai bola harus berusaha mencetak skor dengan menyentuhkan bola ke
botol ( )
4. Regu
yang tidak menguasai bola harus berusaha menghalangi dan juga merebut bola dari
regu yang mengusai bola
5. Siswa
yang memegang bola tidak bolah melangkah lebih dari satu langkah (yang artinya
anggota kelompok lain harus berusaha bergerak mencari posisi dan meminta bola)
6. Setiap
pergerakan siswa tidak boleh menyentuh kardus ( ) yang artinya siswa harus melewati
kardus dengan melompatinya
7. Regu
yang terbanyak mencetak skor keluar sebagai pemenangnya
-
drill
·
menjelaskan dan mencontohkan gerak dasar
irama lari tiga langkah dalam lari gawang
·
siswa melakukan gerak dasar irama lari tiga
langkah dalam lari gawang
Keterangan
gambar :
·
Kardus (sebagai rintangan yang harus
dilompati)
·
Irama gerak langkah siswa
·
Setiap gelombang garis ke atas
menandakan langkah kaki
Keterangan kegiatan :
1. Siswa
melakukan gerak dasar irama lari tiga langkah dalam lari gawang sesuai dengan
gambar
2. Pada
saat melewati kardus siswa tidak melompat. Tapi hanya dengan melangkahkan kaki
·
menjelaskan dan mencontohkan gerak dasar
bertolak (take off) pada lari gawang
·
siswa melakukan gerak dasar bertolak
(take off) pada lari gawang
·
menjelaskan dan mencontohkan gerak dasar
melewati gawang pada lari gawang
·
siswa melakukan gerak dasar melewati gawang pada lari gawang
·
menjelaskan dan mencontohkan gerak dasar
mendarat pada lari gawang
·
siswa melakukan gerak dasar mendarat
pada lari gawang
·
menjelaskan dan mencontohkan koordinasi
melompati gawang secara keseluruhan
·
siswa melakukan koordinasi melompati
gawang secara keseluruhan
·
menjelaskan dan mencontohkan kombinasi
irama langkah dengan lompatan pada lari gawang
·
siswa melakukan kombinasi irama langkah
dengan lompatan pada lari gawang sesuai dengan gambar
Keterangan
gambar :
·
Kardus (sebagai rintangan yang harus
dilompati)
·
Irama gerak langkah siswa
·
Setiap gelombang garis ke atas
menandakan langkah kaki
Keterangan kegiatan :
1. Siswa
melakukan gerak dasar irama lari tiga langkah dalam lari gawang sesuai dengan
gambar
2. Pada
saat melewati kardus siswa menggunakan koordinasi melompati gawang yang telah
di ajarkan
-
game
estafet kardus
Keterangan kegiatan :
1. siswa
dibagi menjadi dua kelompok (dapat dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai
dengan jumlah siswa dan fasilitas yang ada)
2. setiap
kelompok diberikan sejumlah kardus
3. setiap
kelompok berusaha menempatkan kardus di tempat yang telah ditetapkan dengan
secepat-cepatnya
4. pelari
pertama dari kedua kelompok membawa kardus (setelah aba-aba dari guru) menuju
tanda/tempat pertama dan mengirimkan pelari berikutnya dengan satu tepungan
tangan (bersentuhan tangan)
5. regu
yang tercepat menempatkan kardus pada tempat-tempatnya keluar sebagai pemenang
6. setelah
semua kardus berada pada posisinya, lari estafet dilanjutkan denganmenggunakan
kardus-lardus tadi sebagai rintangan
7. regu
yang tercepat sampai dengan melewati kardus dengan baik (tanpa menyentuh
kardus) keluar sebagai pemenangnya
3.
penutup
-
penenangan (cooling down)
-
meringkas materi
-
Tanya jawab
-
Presensi
Sumber
Pembelajaran :
1.
media cetak
-
mengajar dan melatih atletik ( Dr.
Dikdik Zafar Sidik, M.Pd. )
2.
alat
-
peluit
-
stopwatch
-
kertas dengan 3 warna
-
kardus
-
botol-botol
-
bola
-
kones
Evaluasi
:
1.
tes kognitif
-
jelaskan gerak bertolak (take off) pada
lari gawang !
-
jelaskan gerak dasar melewati gawang
pada lari gawang !
-
jelaskan gerak dasar mendarat pada lari
gawang !
2.
tes afektif
no
|
nama siswa
|
aspek yang diamati
|
skor
|
nilai
|
||
semangat
|
percaya diri
|
disiplin
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Interval
nilai 1 – 5
Skor
maksimal 15
Nilai
:
-
14 - 15 = baik sekali
-
11 - 13 = baik
-
8 - 10 = cukup
-
5 - 7 = kurang
-
1 - 3 = kurang sekali
3. Tes
psikomotor
no
|
nama siswa
|
aspek yang diamati
|
skor
|
nilai
|
||
bertolak
|
Melewati gawang
|
mendarat
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Interval
nilai 1 – 5
Skor
maksimal 15
Nilai
:
-
14 - 15 = baik sekali
-
11 - 13 = baik
-
8 - 10 = cukup
-
5 - 7 = kurang
-
1 - 3 = kurang sekali
Mengetahui,
Kepala sekolah
Guru mata pelajaran
(……………..)
(herdiansyah agus)