selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Selasa, 24 Desember 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KARATE (PUKULAN DAN TENDANGAN)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KARATE (PUKULAN DAN TENDANGAN)
Untuk memenuhi tugas mata kuliah metodik beladiri

 


           HERDIANSYAH AGUS       (1103805)

           

                             
Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Universitas Pendidikan Indonesia`
Bandung
2013









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan                                :  SMA 12 BANDUNG
Kelas/Semester                     :  X / 1 (Ganjil )
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 
Tema/Topik                             : Teknik Dasar Karati
Pertemuan ke                         :              
Waktu                                        :  2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A. Kompetensi Inti :            
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar :               
3.8  Menganalisa variasi dan kombinasiketerampilan olahraga beladiri untuk penampilan yang lebih baik
4.4 Menyajikan peragaan peningkatan variasi dankombinasi keterampilan dalam berolahraga beladiri dengan kelacaran dan koordinasi yang baik

C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran .
2. Menunjukkan sikap percaya diri selama mengikuti pembelajaran.
3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4. Melakukan teknik dasar pukulan (chudan tsuki, jodan tsuki, gedan tsuki) dalam karate.
5. Melakukan teknik dasar tendangan lurus ke depan (mae geri) dalam karate.
6. Menjelaskan teknik dasar pukulan (chudan tsuki, jodan tsuki, gedan tsuki) dalam karate.
7. Menjelaskan teknik dasar tendangan lurus ke depan (mae geri) dalam karate.

D.   Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.          Melafalkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.          Menunjukkan sikap percaya diri selama mengikuti pembelajaran.
3.         Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.          Melakukan teknik dasar pukulan (chudan tsuki, jodan tsuki, gedan tsuki) dalam karate.
5.          Melakukan teknik dasar tendangan lurus ke depan (mae geri) dalam karate.
6.          Menjelaskan teknik dasar pukulan (chudan tsuki, jodan tsuki, gedan tsuki) dalam karate
7.          Menjelaskan teknik dasar tendangan lurus ke depan (mae geri) dalam karate

E.   Materi Pembelajaran :
  1. pukulan (chudan tsuki, jodan tsuki, gedan tsuki) dalam karate
pukulan dalam karate adalah usaha  atau upaya seseorang karateka untuk menyerang lawan dengan menggunakan teknik tertentu.
                Elemen dasar bagi pelaksanaan pukulan yang baik adalah: a). Gerakan mendorong lengan. b). Mengatur posisi atau arah lengan. c). Perkenaan kepalan tangan d). penarikan lengan kembali
1)    Persiapan (Sikap awal)
(a) posisi tubuh diawali dengan kuda-kuda dasar (hachiji dachi atau shiko dachi)
(b)genggam jemari tangan (membentuk kepalan)

2)    Pelaksanaan (mendorong lengan)
(a)      Mendorong lengan lurus ke depan
(b)      Mengarahkan kepalan tangan tepat di sasaran

3)    Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a)      jari tangan tetap digenggam
(b)      lengan di tarik kembali ke arah pinggang
(c)       tangan tetap mengepal dan siap di samping pinggang

  1. tendangan lurus ke depan (mae geri) dalam karate
tendangan dalam karate adalah usaha  atau upaya seseorang karateka untuk menyerang lawan dengan menggunakan teknik tertentu.
                Elemen dasar bagi pelaksanaan tendangan yang baik adalah: a). Gerakan mengayun tungkai. b). Mengatur posisi sikap awal tubuh. c). Perkenaan kaki d). penarikan tungkai kembali
1.    Persiapan (Sikap awal)
(a)    posisi tubuh diawali dengan kuda-kuda dasar (hachiji dachi atau shiko dachi)
(b)    posisi tubuh siap untuk mengayunkan tungkai

(c)  Pelaksanaan (mengayunkan tungkai)
(a)    Mengayunkan tungkai lurus ke depan
(b)   Mengarahkan kaki tepat ke sasaran

(c)  Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a)    tungkai di tarik kembali
(b)   posisi tubuh kembali siap


F.    Metode Pembelajaran.
1.       Pendekatan: saintifik (scientific)
  1. Metode: penugasan.

G.  Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Pemanasan dengan peregangan statis dan dinamis.
·       Pemanasan dengan bermain lempar bola
15 menit
Inti
·         Guru mendemonsrasikan teknik dasar pukulan (chudan tsuki, jodan tsuki, gedan tsuki) dengan bantuan beberapa peserta didik
·         Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh guru
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di demontrasikan oleh guru yaitu teknik dasar pukulan (chudan tsuki, jodan tsuki, gedan tsuki)
45 menit

·         Guru mendemonsrasikan tendangan lurus ke depan (mae geri) dalam karate dengan bantuan beberapa peserta didik
·         Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh guru
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di demontrasikan oleh guru yaitu teknik dasar tendangan lurus ke depan (mae geri) dalam karate.


Penutup
·         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·         Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran

20 Menit

H.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang rindang, datar dan aman
-          Buku teks
-          Buku referensi, Sagitarius S.Pd. M.Pd,teknik dasar karate shotokan kata dan kumite, Bandung :

F.  Penilaian
        1.    Teknik penilaian:
-       Tes unjuk kerja (keterampilan): 
Lakukan teknik dasar passing
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4


                            Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                            Jumlah skor maksimal

-       Pengamatan sikap (sikap): 
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu mentaati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan menuunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek
 ( √ ) memdapat nilai 1
                                                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                                            Jumlah skor maksimal
                           
-       Kuis/embedded test (pengetahuan):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bolavoli
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                                                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                                            Jumlah skor maksimal
-       Text Box: Nilai tes unjuk kerja (keterampilan) + nilai observasi (sikap) + nilai kuis (pengetahuan)  =
Nilai maksimal ( 16+5+8 )
Nilai akhir yang diperoleh siswa =
               
                                                2.            Rubrik Penilaian
     RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
    Melakukan Teknik Dasar pukulan dan tendangan
1.  dorongan lengan
2.  perhenaan kepalan
3.  ayunan tungkai
4.  perkenaan kaki




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16

RUBRIK PENILAIAN
SIKAP/PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLAVOLI

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  peracaya diri dalam melakukan gerakan

2.  disiplin dalam pembelajaran

3.  Mentaati peraturan

4.  Menghormati guru dan teman

5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam pembelajaran

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5



RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLAVOLI

Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4

1.  Bagaimana posisi perkenaan tangan dalam pukulan jodan tsuki ?
2.  Bagaimana posisi perkenaan kaki dalam teknik dasar mae geri ?





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8







       MENGETAHUI,                                                                           GURU MATA PELAJARAN
    KEPALA SEKOLAH                                                                                                                            



............................................                                                     …………………………………