selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Selasa, 24 April 2012

Artikel "UPI Hijau"

     Dilihat dari satu sisi kampus UPI bandung sudah terlihat hijau. Disisi lain kita memandang terlihat kampus UPI masih kurang hijau. Hijaunya UPI dapat dilihat dari pohon-pohon rindang yang menaungi di sepanjang jalan FPEB (fakultas pendidikan ekonomi dan bisnis) dan juga di sekitar perpustakaan atau FIP (fakultas ilmu pendidikan). Sedangkan kurang hujaunya kampus terlihat di depan lapangan tennis indoor atau di sebelah stadion sepak bola UPI.
   
     Apabila kita amati sebagian besar pepohonan rindang yang menaungi kampus UPI maka kita akan menemukan kenyataan betapa uzurnya umur pohon-pohon tersebut. Terlihat dari ukuran yang besar, kulit pohon yang tampak tua, dan akar-akar yang tegas menancap ke perut bumi. Dan dapat disimpulkan pula bahwa pohon-pohon tersebut adalah rancangan lama atau program penghijauan dahulu. Atau bisa jadi telah ada sebelum kampus ini bediri.(meureun). Sedangkan akhir-akhir ini terlihat pembangunan yang tidak dibarengi dengan penghijauan (tapi tidak semua). Dapat diamati pembangunan jalan ke arah kolam yang tidak dibarengi dengan penanaman pohon pelindung di sisi-sisi jalan. Sedangkan pembangunan yang dibarengi dengan penghijauan terlihhat di taman Patere depan gedung Isola.
 
     Fenomena ini tentu menjadi pertanyaan besar di kalangan mahasiswa UPI yang menhabiskan hari-harinya di kampus Bumi Siliwangi tercinta. Apakah program penghijauan kampus UPI Bandung terhenti ?? atau tidak terlaksana dengan baik ?? atau terkendala suatu hal ?? ataukah memang ada perencanaan khusus di area-area tersebut sehingga memang tidak ditanami pohon pelindung ??.