selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Kamis, 05 April 2012

Dampak positif dan negatif globalisasi terhadap Bahasa Indonesia


Dalam era globalisasi yang berkembang pesat saat ini tentu saja banyak berdampak pada bahasa atau alat komunikasi lisan. Terutama bahasa indonesia yang menjadi bahasa nasional Negara Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang banyak mengakibatkan Bahasa Indonesia sangat rentan terhadap pengaruh era globalisasi. Baik pengaruh secara positif maupun pengaruh negatif.


Dampak positif globalisasi terhadap bahasa indonesia :
1.      Bahasa Indonesia mulai dikenal oleh dunia internasional.
Terbukti ada beberapa Universitas di luar negeri yang mempunyai fakultas Sastra Bahasa Indonesia. Karena menurut mereka negeri kita ini adalah negeri yang subur dan kaya raya. Yang mempunyai bermacam-macam budaya, flora-fauna, serta potensi-potensi lainnya.
2.      Meningkatnya pengetahuan masyarakat internasional tentang Bahasa Indonesia.
3.      Meningkatnya terjemahan buku-buku kedalam Bahasa Indonesia.


Dampak negatif globalisasi terhadap bahasa indonesia :
1.      Masyarakat  Indonesia tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Banyak masyarakat  yang lebih bangga dan membangga-banggakan menggunakan bahasa negeri orang lain. Atau malah mencampur-campur bahasa indonesia dengan bahasa asing.
2.      Berkurangnya minat generasi muda untuk mempelajari Bahasa Indonesia.
Generasi muda cenderung untuk lebih menyukai sesatu yang modern atau maju. Dengan masuknya budaya-budaya asing dan bahasanya tentu lebih menarik bagi sebagian besar generasi muda untuk dipelajari.
3.      Bercampurnya Bahasa Indonesia dengan  bahasa-bahasa asing.
Hal ini sering terjadi dimasyarakat. Baik  secara lisan maupun tulisan-tulisan di sms (sort messsage servis) dan di dunia maya (facebook, tweeter, dll).
4.      Memperkaya kosakata Bahasa Indonesia.
Terbukti banyaknya kata serapan yang diserap dari bahasa asing.