selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Kamis, 11 Oktober 2012

Lembar Kerja 2-3 buku Psikologi Kependidikan, kuliah ppd (perkembangan peserta didik)



Nama : Herdiansyah Agus
Nim : 1103805

Lembar Kerja 2-3

I. DEFENISI KONSEP.

1.       Masa remaja
Suatu periode dalam perkembangan yang dijalani seseorang yang terbentang sejak berakhirnya masa kanak-kanaknya sampai datangnya awal masa dewasanya. Dengan rentang waktu 11-13 tahun sampai 18-20 tahun.
2.      Remaja awal
Salah satu pembagian masa remaja yang rentang waktunya antara 11-13 tahun sampai 14-15 tahun.
3.      Remaja akhir
Salah satu pembagian masa remaja yang rentang waktunya antara 14-16 tahun sampai 18-20 tahun.
4.      Ciri-ciri sekunder
Yaitu ciri-ciri yang terjadi pada masa remaja awal yang ditandai dengan tumbuuhnya bulu pada pubic, otot mengembang pada bagian-bagian tertantu, serta mulai aktifnya sekresi kelenjar jenis (menstruasi) pada wanita dan polusi pada pria pertama kali.
5.      Ciri-ciri tertier
6.      Teori holiocentrism acceleration
7.      Heterosexual libido
8.      Resonansi psikis
Adalah salah satu teori yang menjadi dasar bagi Hoffman untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi pada masa remaja.
9.      Identity crisis
Krisis identitas yang terjadi apabila seorang individu gagal mengatasi berbagai tuntutan yang terjadi pada masa remajanya.
10.  Realisme krisis
Yaitu krisis yang diakibatkan kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan.
11.  Formal operation
12.  Pandangan hidup (weltanshaung)
13.  Skeptisisme
14.  Identifikasi
15.  Konformitas
16.  Masa remaja adalah masa sturm und drang
17.  Underachiever
Yaitu prestasi yang berada dibawah kapasitasnya dikarnakan kemalasan atau kenakalan.
18.  Juvenile delinquency
19.  Ambivalensi kemerdekaan
20.  Andolescentism
Yaitu keadaan dimana seseorang mengalami masa remaja yang berkepanjangan meskipun usianya sudah menginjak dewasa dikarnakan ketidakmampuan menegakkan kata hatinya yang berdampak pada sukar terintegrasinya dan sintesis funsi-fungsi psikofisiknya.


II. APLIKASI KONSEP

1)                                 6)                                 11)                               16) 
2)                                 7)                                 12)                               17) 
3)                                 8)                                 13)                               18) 
4)                                 9)                                 14)                               19) 
5)                                 10)                               15)                               20)      


III. Analisis dan Alasan terhadap Beberapa Konsep Utama

1.      Tentu terdapat tiga faktor yang mempengaruhi terjadinya variasi perkembangan antar individu, yaitu faktor hereditas, faktor environment, dan factor time.
2.