selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Minggu, 26 Agustus 2012

PKn bagian integral dari MKDU (mata kuliah dasar umum) atau MPK

PKn (pendidikan kewarganegaraan) merupakan bagian integral dari MKDU (mata kuliah dasar umum) atau MPK artinya adalah bahwa PKn itu sendiri merupakan bagian yang  yang terpadu dan tidak dapat dipisahkan dari bagian-bagian yang lain dalam MKDU/MPK dalam tujuannya untuk mengembangkan kepribadian manusia (MKM) yang utuh (pikir jernih, hati bersih, nafsu terkendali, rohani, dan jasmani yang sehat).
MKDU adalah ground norm (norma dasar) yang harus dipelajari dan dimiliki oleh seorang mahasiswa khususnya dan masyarakat umumnya. MKDU sebagai ground norm memilki beberapa mata kuliah. Yang mana mata kuliah tersebut harus dipelajarai atau dimiliki secara komperhensif integral (menyeluruh dan utuh) untuk mencapai tujuan MKDU (MKM dan manusia yang utuh/dewasa/matang/mandiri). Mata kuliah dari MKDU diantaranya :
-          Pendidikan agama
-          Pendidikan kewarganegaraan
-          PLSBT (pendidikan lingkungan sosial budaya dan teknologi)
-          Pendidikan bahasa Indonesia
-          Pendidikan bahasa inggris
-          Pendidikan kesenian
-          Pendidikan olahraga
Yang mana setiap mata kuliah dalam MKDU memiliki keterkaitan dan saling berhubungan. Tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya. Dan harus dipelajari secara menyeluruh.


Kuliah pendidikan kewarganegaraan bersama bapak Ganjar
PKO FPOK UPI Bandung