selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Minggu, 26 Agustus 2012

upaya agar 4 pilar bangsa/negara (pancasila, UUD NRI 1945, bhinneka tunggal ika, dan NKRI) tetap menjadi harga mati



Upaya saya yang paling utama adalah mengamalkannya.
Sebelum saya mengamalkan keempat pilar bangsa tersebut, terlebih dahulu saya tentu harus mengetahui, mengerti, memahami, menginternalisasi, dan akhirnya mengaktualisasikan keempat pilar bangsa tersebut.
Untuk mencapai semua diatas tentu saya harus belajar melalui membaca. Baik membaca yang tertulis di buku-buku ilmu pengetahuan tentang keempat pilar bangsa tersebut maupun membaca fenomena-fenomena yang terjadi di negri ini yang berhubungan dengan keempat pilar Negara diatas.
Saya harus mempelajari fakta dan data tentang keempat pilar Negara tersebut. Kemudian mensintesa dan menganalisa fakta beserta data yang ada. Baru memahaminya secara menyeluruh dan utuh (MSMT). Dan diinternalisasikan kedalam diri sendiri untuk akhirnya diaktualisasikan kedalam kehidupan sehari-hari.
Apabila keempat pilar bangsa tersebut telah dapat saya aktualisasikan kedalam kehidupan sehari-hari, maka tindakan saya selanjutnya adalah mensosialisasikan keempat pilar bangsa tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat. Baik sosialisasi secara langsung kepada masyarakat dengan pengamalan maupun sosialisasi secara tidak langsung menggunakan media internet. Melalui tulisan-tulisan di blog dan masih banyak lagi.



Kuliah pendidikan kewarganegaraan bersama bapak Ganjar
PKO FPOK UPI Bandung