selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Minggu, 26 Agustus 2012

Pancasila sebagai pandangan hidup



Pancasila terlahir dari ide-ide dan gagasan-gagasan para pendiri bangsa (founding fadher) yang telah meresap dari kehidupan sehari-hari. Terlahir dari kebudayaan-kebudayaaan, adat-istiadat, norma-norma masyarakat, agama, dan masih banyak lagi. Yang menjadikan pancasila sebagai anak yang dilahirkan dari pandangan hidup masyarakat Indonesia yang luhur secara menyeluruh.
Yang artinya bahwa pancasila bukanlah terlahir dari antah berantah. Tapi terlahir dari pandangan hidup masyarakat Indonesia itu sendiri.
Dan kini pancasila telah menjadi pandangan hidup bagi bangsa Indonesia secara tertulis. Sehingga Negara Indonesia dapat menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara secara mantap dengan pandangan hidup yang jelas. Dengan berpegang dan berpedoman pada pandangan hidup bangsa ini, bangsa Indonesia dapat memahami dan menyelesaikan masalah yang terjadi dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan arif dan bijaksana sesuai dengan pandangan hidup masyarakat Indonesia yang tertuang pada pancasila.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa secara umum berarti sebagai acuan dan penunjuk arah bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan di segala bidang.


Kuliah pendidikan kewarganegaraan bersama bapak Ganjar 
PKO FPOK UPI Bandung