selamat datang

welcome,
selamat datang teman,


dimohonkan kepada teman-teman yang membuka file tugas kuliah agar menjadikannya hanya sebagai referensi, dan bukan untuk di copy-paste, terima kasih...


search

Rabu, 28 Maret 2012

makalah observasi FPTK


PEMANFAATAN LINGKUNGAN FPTK UNTUK DIJADIKAN SARANA OLAHRAGA
Diajukan untuk memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah sejarah dan filsafat olahraga
Dosen :
Drs. Sumardiyanto,M.Pd
UPI.jpg



 

Disusun oleh:
FAUZIA NUR SYAHLAN         1104637
GILANG PRANANDA             1104858
HARSYA MUHAMMAD          1105268
HENDRA                                   1106296
HERDIANSYAH AGUS            1103805



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPELATIHAN
FAKULTAS PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG 2012
Kata Pengantar
           
Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulisan makalah ini dapat rampung sesuai dengan jadwal yang ditentukaan oleh penulis sendiri. Shalawat beriring salam diperuntukkan bagi nabi besar junjungan umat islam, Nabi Muhammad SAW. Yang telah menuntun umat menuju jalan kebenaran yang dilimpahi berkah oleh Allah SWT.
Ucapan terima kasih kepada teman-teman yang telah membantu dan berkontribusi dalam penulisan makalah ini. Sehingga makalah ini dapat tersusun dengan sebagaimana mestinya.
Akhir kata tak ada gading yang tak retak, oleh sebab itu penulis menyadari terdapat banyak kesalahan disana-sini dalam penulisan dan penyusunan makalah ini. Diharapkan kririk dan saran untuk perbaikan makalah ini kedepannya, Terima kasih.

                                                                                                Bandung, 26 Maret 2012

Penyusun

BAB I. 
Pendahuluan

A.    Latar Belakang Masalah
Di era modern yang semakin maju pesat ini, ditrambah lagi dengan adanya kebijakan-kebijakan kampus yang mengkomersilkan fasilitas-fasilitas olahraga di dalam kampus. Khususnya fasilitas yang ada di kampus Universitas Pendidikan Indonesia yang tepatnya di jalan Setia Budi kota Bandung. Mengakibatkan sulitnya mahasisiwa UPI untuk melaksanakan olahraga yang menyenangkan dan sekaligus murah d lingkungan kampus UPI Bandung. Padahal kampus UPI Bandung memiliki ribuan mahasisiwa yang beraktivitas setiap harinya d kampus UPI Bandung. Dan setiap individu-individu mahasiswa tersebut membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan pribadi masing-masing. Apabila tidak sehat (bisa jadi karna kekurangan olahraga), tentu saja aktivitas menimba ilmu di kampus UPI Bandung dapat terhambat. Karna kesehatan dan menimba ilmu merupakan suatu yang berjalan secara berdampingan dan saling mengisi.

B.     Rumusan dan Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang maslah yang telah penulis kemukakan di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.       Solusi apa yang dapat di lakukan untuk mengatasi komersialisasi fasilitas olahraga di kampus UPI Bandung, khusunya di komplek FPTK UPI Bandung ?
2.      Fasilitas olahraga apa yang dapat di bangun di komplek FPTK UPI Bandung ?

C.     Tujuan Penulisan Makalah
Makalah ini ditulis bertujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran sejarah filsafat olahraga.

D.    Manfaat Penulisan Makalah
Penulisan makalah ini dapat bermanfaat memberikan informasi tentang lapangan olahraga yang dapat dibangun di kawasan komplek FPTK UPI Bandung.

E.     Metode Pengkajian Makalah
Dalam penulisan dan pengkajian makalah ini menggunakan teknik observasi lapangan


BAB II.
Hasil dan Pembahasan
                  Luas lahan Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) adalah sekitar 1,3 hektar. Berlokasi di jalan Dr. Setiabudi no. 227. Gedung FPTK mempunyai 3 massa bangunan, yaitu 1 bangunan utama sebagai ruang kuliah dan kantor dekanat serta kantor jurusan, dan 2 massa bangunan lagi adalah workshop/bengkel untuk keperluan praktek mahasiswa. Dari 3 massa bangunan tersebut luas totalnya adalah ± 3314 m2.


                 


                  Dari luas lahan FPTK, yang dipakai untuk gedung hanya sebanyak 3314 m2. Artinya masih ada 1 ha lagi yang masih bisa dimanfaatkan untuk ruang terbuka hijau di fakultas ini. Jika kita asumsikan 3000 m2 digunakan sebagai lahan parkir dengan menggunakan perkerasan aspal maka masih ada sekitar 7000 m2 yang bisa dimanfaatkan untuk pengolahan lansekapnya. 
                  7000 m2 yang di asumsikan dapat digunakan atau di kelola tersebut sebagian besarnya telah digunakan oleh pihak pengelola kampus untuk lahan hijau. Sedangkan di bagian belakannya digunakan sebagai plaza untuk kepentingan aktivitas masyarakat fakultas. Area plaza yang merupakan pusat aktivitas mahasiswa dan civitas akademika FPTK diluar jam perkuliahan. Di area ini dibuat amphiteatre untuk ruang komunal yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk bersosialisai dengan mahasiswa yang lain. Selain itu, plaza ini sering digunakan sebagai tempat berkegiatan organisasi kemahasiswaan yang ada di fakultas seperti UKM dan Himpunan.


                  Di area plaza FPTK juga terdapat 4 buah gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat hotspot mahasiswa. Lokasinya berada di sebelah utara dan selatan, masing-masing 2 buah gazebo. Ruang luar di depan workshop digunakan sebagai halaman. Sedangkan pada halaman ini tidak menggunakan perkerasan permanen, melainkan menggunakan paving block untuk lebih memaksimalkan penyerapan air ke dalam tanah.  
                  Pada area ini juga terdapat area untuk pendaratan helicopter atau sering juga disebut helipad. Yang terbuat dari paving block yang dapat memaksimal penyerapan air.
                 

                        Zona parkir gedung FPTK berada di depan gedung dan sebelah utara. Zona parkir di depan gedung diperuntukan bagi dosen dan karyawan FPTK, sedangkan di sebelah utara untuk mahasiswa. Zona parkir ini menggunakan perkerasan permanen yaitu menggunakan material aspal. 
Area yang dapat dimanfaatkan :
1.      Area pakir depan yang berukuran 15m X 15m
Dapat digunakan untuk :
1.      Badminton
2.      Sepatu roda
3.      Skate board
4.      Senam aerobik
5.      Bakiak
6.      Engrang
7.      Takraw
8.      Tennis meja

2.      Area pakir depan yang berukuran 15m X 10m
Dapat dimanfaatkan untuk :
1.      Badminton
2.      Sepatu roda
3.      Skate board
4.      Senam aerobik
5.      Bakiak
6.      Engrang
7.      Takraw
8.      Tennis meja
3.      Area kosong samping kanan yang berukuran 20m X 7m

Dapat dimanfaatkan untuk :
1.      Takraw
2.      Sepatu roda
3.      Skate board
4.      Senam aerobik
5.      Bakiak
6.      Engrang
7.      Tennis meja



BAB III
Penutup

A.   Simpulan
             Dari hasil observaasi yang kami lakukan dapat disimpulkan bahwa di sekitar komplek FPTK masih banyak terdapat potensi untuk di jadikan lapangan atau tempat untuk melaksanakan aktivitas olahraga.
B.   Saran
             Sebagai hasil akhir dari karya tulis ini, penulis menyarankan :
1.     Untuk memanfaatkan lahan yang ada di komplek FPTK dan menjadikannya sarana atau tempat pelaksanaan olahraga.
2.     Memaksimalkan mahasiswa untuk berolahraga dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar komplek kampus.



Daftar Pustaka

http://id.foursquare.com/v/r-159-lantai-5-gedung-fptk-upi/4cf6eeccf4478eec21b711b7